Meta-Analisis Penerapan Blended Learning dan Pemilihan Media Online yang Digunakan Terhadap Hasil Belajar

Main Article Content

Mega Putriana
Gde Agus Yudha Prawira Adistana

Abstract

Perkembangan teknologi memberikan banyak manfaat dalam dunia pendidikan, salah satunya yaitu pendidikan yang dapat dilaksanakan secara online. Pembelajaran online yang dimaksud adalah blended learning, dengan diadakannya model blended learning diharapkan dapat memberikan solusi atas permasalahan dalam kegiatan pembelajaran terutama pada hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini dilakukan meta-analisis terhadap 15 artikel dari jurnal nasional mengenai penerapan model pembelajaran blended learning terhadap hasil belajar, metode meta-analisis digunakan untuk mencari nilai effect size yang dapat mengkategorikan keberhasilan blended learning. Proses pembelajarannya didukung dengan penggunaan media atau platform yang menjadi fasilitas perantara antara guru dengan siswa, jenis platform yang digunakan dalam 15 artikel tersebut adalah Google Classroom dengan nilai ES = 0,94, Edmodo dengan dengan nilai ES = 0,81, Whatsapp dengan nilai ES = 2,41, Web Enhanced Course dengan nilai ES = 1,34, Quipper School dengan nilai ES =  0,76 ,dan LMS dengan nilai ES = 2,30. Hasil kategori effect size tersebut masuk kedalam efek sedang hingga tinggi, yang artinya dari meta-analisis terhadap 15 artikel dari jurnal ilmiah menunjukkan bahwa penerapan blended learning terbukti mampu meningkatkan hasil belajar pada siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Putriana, M., & Adistana, G. (2021). Meta-Analisis Penerapan Blended Learning dan Pemilihan Media Online yang Digunakan Terhadap Hasil Belajar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 310-320. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.1995
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.