Meningkatkan Pemahaman Masyarakat Terhadap Keagamaan Melalui Program Pendidikan dan Sosial Keagamaan

Main Article Content

Ira Suryani
Abdul Rajab Tanjung
Rahma Dewi Siregar
Annaria Saleha Siregar

Abstract

Artikel ini adalah bagian dari studi untuk mengukur kualitas hidup keagamaan Muslim di desa Lantosan I dalam hal pemahaman masyarakat terhadap Keagamaan melalui program pendidikan dan sosial keagamaan dan studi praktek sosial. Melalui campuran metode pengumpulan data yang terdiri dari kuesioner, wawancara dengan tokoh masyarakat dan ahli serta diskusi dengan kelompok fokus (FGD), studi ini menemukan bahwa kemampuan umat Islam di Desa Lantosan I untuk memahami Keagamaan dan kemampuan masyarakat untuk menerapkan peran sosial-keagamaan yang didasarkan pada pemahaman al-Quran sudah cukup baik di tingkat. Faktor lain mengapa kualitas pemahaman masyarakat pada al-Quran tidak maksimal adalah kurangnya motivasi dari keluarga dan lingkungan sosial untuk melaksanakan kegiatan keagamaan, untuk mensosialisasikan dan meningkatkan perilaku dalam ibadah.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Suryani, I., Tanjung, A., Siregar, R., & Siregar, A. (2021). Meningkatkan Pemahaman Masyarakat Terhadap Keagamaan Melalui Program Pendidikan dan Sosial Keagamaan. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 15-20. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.1998
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.