Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik pada Pembelajaran dengan Pendekatan Scientific.

Main Article Content

Putriyani Samsul
Mutmainnah Mutmainnah

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk mengembangkan Instrumen Penilaian Autentik pada Pembelajaran dengan Pendekatan Scientific.  Prosedur pengembangan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah proses pengembangan instrumen asesmen autentik menurut Djaali & Muljono (2008: 60) dengan langkah-langkah sebagai berikut: 1) mengembangkan dimensi dan indikator dari variabel penelitian, 2) membuat kisi-kisi instrumen, 3) menetapkan besaran atau parameter, 4) menjabarkan butir-butir instrumen ke dalam bentuk pertanyaan dan pernyataan, 5) tahap validasi pakar, 6) revisi atau perbaikan berdasarkan saran dari pakar, 7) penggandaan instrumen secara terbatas untuk keperluan uji coba, 8) uji coba instrumen di lapangan, 9) menentukan validitas dan reliabilitas instrumen, dan 10) perakitan butir-butir instrumen yang valid unjuk dijadikan instrumen final. Instrumen penilaian  autentik pada pembelajaran dengan pendekatan scientific yang telah dikembangkan, telah divalidasi oleh pakar dan praktisi serta telah diujicobakan sehingga didapatkan hasil yang layak digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penilaian autentik pada pembelajaran dengan pendekatan scientific bersifat valid dan reliabel. Instrumen penilaian autentik yang telah memenuhi kriteria valid dan reliabel secara rasional maupun empirik meliputi instrumen penilaian sikap: Lembar Observasi Sikap Spiritual, Rubrik dan Lembar Observasi Sikap Sosial. Instrumen penilaian pengetahuan: 1) Kisi-Kisi Tes, 2) Tes Kompetensi, 3) Rubrik dan Lembar Penilaian Tes Kompetensi. Instrumen penilaian keterampilan: 1) Tes Kinerja, dan 2) Rubrik dan Lembar Penilaian Tes Kinerja.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Samsul, P., & Mutmainnah, M. (2018). Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik pada Pembelajaran dengan Pendekatan Scientific. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 2(1), 1-10. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v2i1.20
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.