Pengaruh Model PBL Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V SDN 30 Sumpangbita
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep IPA siswa pada kelas yang diajar menggunakan model PBL dengan kelas yang diajar tanpa menggunakan model PBL pada siswa kelas V SDN 30 Sumpangbita. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 30 Sumpangbita Kecamatan Balocci, Kabupaten Pangkep. Teknik sampling menggunakan sampel jenu, jadi semua populasi dijadikan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes berupa pre-Test dan Post-test. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Independent Sampel Test, yang sebelumnya diuji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan Hasil uji Independent Sampel Test post test diperoleh nilai Sig. sebesar 0,000. Dimana 0,000 < 0,05 maka