Pengaruh Model PBL Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V SDN 30 Sumpangbita

Main Article Content

Abdul Rahman
Khaeruddin Khaeruddin
Evi Ristiana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep IPA siswa pada kelas yang diajar menggunakan model PBL dengan kelas yang diajar tanpa menggunakan model PBL pada siswa kelas V SDN 30 Sumpangbita. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 30 Sumpangbita Kecamatan Balocci, Kabupaten Pangkep. Teknik sampling menggunakan sampel jenu, jadi semua populasi dijadikan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes berupa pre-Test dan Post-test. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Independent Sampel Test, yang sebelumnya diuji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan Hasil uji Independent Sampel Test  post test diperoleh nilai Sig. sebesar 0,000. Dimana 0,000 < 0,05 maka

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rahman, A., Khaeruddin, K., & Ristiana, E. (2020). Pengaruh Model PBL Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V SDN 30 Sumpangbita. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 29-41. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.201
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.