Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 18 Bonto-Bonto
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran kontekstual terhadap minat dan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 18 Bonto-Bonto .Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ‘Apakah terdapat perbedaan minat dan hasil belajar IPA siswa pada kelas yang diajar menggunakan pendekatan kontekstual dengan kelas yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SDN 18 Bonto-Bonto?’. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 18 Bonto-Bonto Kecamatan Balocci, Kabupaten Pangkep. Teknik sampling menggunakan sampel jenu, jadi semua populasi dijadikan sebagai sampel. Sampel penelitian ini adalah seuruh siswa kelas IV.a dan kIV.b SDN 18 Bonto-sebanyak 50 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan tes berupa pre-Test dan Post-test. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Independent Sampel Test, yang sebelumnya diuji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan Hasil uji Independent Sampel Test post test diperoleh nilai Sig. sebesar 0,000. Dimana 0,000 < 0,05 maka