Pendampingan Belajar Daring untuk Mengurangi Kecanduan Gadget Pada Siswa Sekolah Dasar

Main Article Content

Alfath Iqbaal Chairulhaq
Alvina Mutia Hendarti
Reza Milenia Fendi
Achmad Room Fitrianto

Abstract

Negara-negara di dunia sedang dilanda wabah penyakit yang disebabkan virus COVID-19. Dengan adanya wabah ini pemerintah memberi kebijakan agar aktivitas masyarakat dilakukan dari rumah untuk mengurangi persebaran penyakit. Salah satunya dalam bidang pendidikan, yang sebelumnya dilakukan dengan secara tatap muka kini dilakukan dengan pembelajaran jarak jauh. Hal tersebut menimbulkan permasalahan baru yakni ketergantungan penggunaan gadget pada anak. Oleh karena itu perlu pengawasan orang tua terhadap penggunaan gadget pada anak. Peneliti dalam proses pendampingan ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan semangat belajar pada anak – anak dengan menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan agar lebih produktif selama pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan PAR (participatory action research), yaitu menekankan pada partisipasi dan kolaborasi untuk mengidentifikasi masalah penelitian berdasarkan kebutuhan dari subjek yang diteliti. Hasil pendampingan belajar menunjukkan bahwa para pelajar sangat antusias dalam proses pendampingan belajar berlangsung, pelajar lebih senang pembelajaran secara tatap muka dibandingkan pembelajaran daring, tugas sekolah para belajar dapat dikerjakan dengan baik, dan dapat memanfaatkan fasilitas umum lebih produktif.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Chairulhaq, A., Hendarti, A., Fendi, R., & Fitrianto, A. (2021). Pendampingan Belajar Daring untuk Mengurangi Kecanduan Gadget Pada Siswa Sekolah Dasar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 63-74. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.2023
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.