Improvement Of Speaking Skills Using Show And Tell Method In Elementary School

Main Article Content

Siti Aisyah Aisyah
Yenni Fitra Surya
Musnar Indra Daulay

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa pada mata pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri 032 Kualu Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Salah satu solusi masalah ini adalah dengan menggunakan metode show and tell. Tujuan penelitian ini untuk peningkatan keterampilan berbicara siswa, materi keragaman dengan mengunakan metode show and tell pada siswa kelas IV SD Negeri 032 Kualu, metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi, dan waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Juli 2021. Subjek penelitian ini siswa kelas IV yang berjumlah 26 siswa, dengan jumlah laki-laki 17 siswa dan siswa perempuan berjumlah 9 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi, dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Negeri 032 kualu pada siklus I tergolong cukup dengan rata rata 65,38. Selanjutnya dari 26 siswa hanya 17 orang siswa yang tuntas sedangkan ketuntasan belajar klasikal 74,59. Pada siklus II baik dengan rata rata 84,61, dan 26 siswa terdapat 22 siswa yang tuntas sedangkan ketuntasan belajar klasikal 81,73. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan mengunakan metode show and tell dapat meningkatan keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Negeri 032 Kualu.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Aisyah, S., Surya, Y. F., & Daulay, M. I. (2021). Improvement Of Speaking Skills Using Show And Tell Method In Elementary School. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 190 - 196. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.2042
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.