Analisis Kesalahan Penyusunan Kalimat Efektif dalam Karangan Deskriptif pada Siswa Kelas XI SMA Jaya Negara Makassar

Main Article Content

Rosary Iriany
Nuzul Tenriana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeteksi, dan mendeskripsikan kesalahan kalimat yang dilakukan oleh siswa. Keefektifan kalimat dalam karangan deskripsi meliputi kelogisan, kehematan, kepaduan, dan kecermatan kalimat. Subjek penelitian ini adalah karangan deskriptif. Objek penelitiannya adalah kalimat yang mengandung kesalahan kalimat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah 29 siswa dari populasi sebanyak 59 siswa.


Teknik pengumpulan data dengan cara mengumpulkan karangan siswa lalu menganalisis kalimat. Teknik analisis data dilakukan proses analisis data yaitu: mengumpulkan semua data karangan deskriptif, menemukan ketidakefektifan kalimat, menginterpretasi data, dan menyimpulkan hasil penelitian. Simpulan yang diambil menunjukkan bahwa dalam karangan siswa terdapat penggunaan kalimat efektif meliputi penggunaan kalimat tidak logis, tidak hemat, tidak padu, dan tidak cermat.


Berdasarkan hasil analisis siswa masih banyak menggunakan kesalahan aspek kepaduan berjumlah 13 kalimat. Aspek kecermatan hanya melakukan 1 kalimat, kelogisan 9 kalimat. Kehematan 2 kalimat. Sedangkan kesalahan aspek kepaduan berjumlah 13 kalimat. Kesalahan yang sering terjadi yaitu menggunakan kalimat bertele-tele.


Berdasarkan hasil penelitian, saran peneliti ingin sampaikan ialah seorang guru hendaknya banyak memberikan latihan kepada siswa dalam menulis kalimat efektif yang lebih ditekankan pada aspek syarat-syarat kalimat efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Iriany, R., & Tenriana, N. (2021). Analisis Kesalahan Penyusunan Kalimat Efektif dalam Karangan Deskriptif pada Siswa Kelas XI SMA Jaya Negara Makassar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 627-640. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.2049
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.