Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI IPS-1 SMA Negeri 8 Bone

Main Article Content

Jumriati Jumriati

Abstract

Tujuan penelitian ini dijabarkan sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui bagaimanakah gambaran model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yang diterapkan oleh guru mata pelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 8 Bone ; 2) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar bahasa Indonesia siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan; 3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap peningkatan hasil pembelajaran bahasa Indonesia  siswa Kelas XI IPS-1 SMA Negeri 8 Bone. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, sedangkan metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah: eksperimen pada kelas XI IPS-1.  Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan observasi.


Berdasarkan interpretasi data dan hasil penelitian, disimpulkan bahwa: (1) gambaran model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw  yang diterapkan oleh guru mata pelajaran bahasa Indonesia yang mengajar di kelas XI IPS-1 SMA Negeri 8 Bone, yang meliputi penyusunan perangkat pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penggunaan media pembelajaran telah dilaksanakan dengan cukup memadai, (2) model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw efektif terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa SMA Negeri 8 Bone. Selama diberi perlakuan hasil belajar bahasa Indonesia mengalami perbaikan  yang terbaca dari perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah perlakuan setiap kali pertemuan dan perbedaan hasil belajar antara satu pertemuan dan pertemuan berikutnya, (3) ada pengaruh positif model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa dengan membandingkan sebelum mendapatkan perlakuan dan pada perlakuan awal berada pada kategori rendah, sedangkan setelah mendapatkan perlakuan pada umumnya mereka berada pada kategori sedang. Untuk itu, melalui hasil penelitian ini disarankan agar model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dijadikan sebagai salah satu alternatif model perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang mampu menata aktivitas dan hasil pembelajaran siswa secara lebih baik. Oleh karena itu, guru-guru diharapkan dapat memanfaatkannya semaksimal mungkin.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Jumriati, J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI IPS-1 SMA Negeri 8 Bone. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 640-650. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.2050
Section
Articles

References

Badudu J.S. 1993. Cakrawala Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Chaer, Abdul dan Leoni Agustina. I995. Sosiolinguistik. Jakarta: Rineka Cipta.
Kridalaksana, 1994. Kelas Kata dalam Bahasa Indonesia (edisi kedua). Jakarta: CV. Karyono.
Razak. 2002. Kamus Istilah Sastra. Jakarta: Balai Pustaka.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif. Bandung: Alfabeta

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.