Efektivitas Video Tutorial dalam Pembelajaran Keterampilan Membuat Tempat Buah dari Gelas Plastik Bekas bagi Anak Tunagrahita Ringan
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan efektifitas video tutorial dalam pembelajaran keterampilan membuat tempat buah dari gelas plastik bekas bagi anak tunagrahita ringan kelas IX di SLBN 1 Ranah Pesisir. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan pendekatan Single Subject Research (SSR) desain A-B-A, yang dilaksanakan selama 18 sesi dengan tiga kondisi, yaitu 3 sesi pada kondisi baseline (A1), 9 sesi pada kondisi intervensi (B), dan 6 sesi pada kondisi baseline (A2). Data penelitian ini dikumpulkan dengan teknik observasi langsung dan tes perbuatan menggunakan alat pengumpulan data berupa instrumen tes perbuatan, kemudian dianalisis dengan teknik visual grafik. Hasil analisis data pada kondisi baseline (A1) yaitu 43%, 43%, 43%. Pada kondisi intervensi (B) diperoleh hasil 48%, 48%, 57%, 62% 52%, 76%, 86%, 86%, 86%. Kemudian pada kondisi baseline (A2) diperoleh hasil 67%, 76%, 76%, 86%, 86%, 86%. Hal ini menunjukkan, keterampilan anak tunagrahita ringan dalam membuat tempat buah dari gelas plastik bekas mengalami peningkatan setelah diberikan intervensi berupa video tutorial. Dengan demikian, hasil penelitian menyatakan bahwa video tutorial efektif digunakan dalam pembelajaran keterampilan membuat tempat buah dari gelas plastik bekas bagi anak tunagrahita ringan.