Penerapan Metode Penugasan atau Resitasi dalam Pembelajaran Menulis Karangan Eksposisi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Makassar

Main Article Content

Nuzul Tenriana

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui  kemampauan siswa kelas X PM 3 SMK Negeri 1 Makassar dalam menulis karangan eksposisi tanpa menggunakan metode penugasan atau resitasi dalam pembelajaran menulis karangan eksposisi. (2) Mendeskripsikan Keefektifan metode penugasan atau resitasi dalam pembelajaran menulis karangan ekspsosisi Siswa Kelas X PM 3 SMK Negeri 1   Makassa.


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang terdiri atas dua kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Teknik dalam penentuan sampel menggunakan teknik total sampling yang artinya teknik penentuan sampel dilakukan secara acak  tanpa membedakan strata ataupun yang dimiliki oleh siswa. Berdasarkan pada hasil penelitian diketahui bahwa sebagian besar siswa dalam menulis karangan eksposisi dengan menggunakan metode penugasan atau resitasi berada pada kategori tinggi yang diperoleh 19  siswa (95,0%) dan kategori sedang diperoleh oleh 1 siswa (5,0%).jadi keseluruhan kemampuan menulis siswa mencapai rata-rata (80,75%) atau setara dengan (85,0%).Berbeda dengan nilai yang diperoleh siswa yang tidak menerapkan metode penugasan atau resitasi belum mencapai kriteria yaitu (85,0%) dari jumlah siswa yang mendapat nilai 75 keatas. Sementara perolehan nilai siswa hanya mencapai 30% sebanyak 1 siswa. Hal ini tampak pada nilai t-2.782 dengan signifikansi (p) 0,912.Kaidah yang digunakan adalah p> 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima sehingga ada perbedaan yang disignifikan antara nilai pretest dan nilai postest yang diperoleh oleh siswa.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Tenriana, N. (2020). Penerapan Metode Penugasan atau Resitasi dalam Pembelajaran Menulis Karangan Eksposisi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Makassar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 440-448. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.2116
Section
Articles

References

Depdiknas.2003. Kamus besar Bahasa Indonesia. Edisi ketiga.Jakarta : Balai Pustaka.
Kurikulum.2004. Bahasa dan Sastra Indonesia Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah. Jakarta: Depdiknas.
Nurgiyantoro . 2010. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa.
Tarigan, Hery Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.