Penerapan Model Pembelajaran Tandur dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas V SD Inpress Bontoloe Kecamatan Kabupaten Gowa

Main Article Content

Abrina Maulidnawati Jumrah

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Peningkatan hasil belajar IPS melalui penerapan model pembelajaran
TANDUR pada siswa kelas V SD Inpres Bontoloe Kecamatan Bontolempangan Kabupaten Gowa. Inpres
Daya 1 Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Bagaimanakah penerapan
model pembelajaran TANDUR di Kelas V SD Inpres Bontoloe Kecamatan Bontolempangan Kabupaten
Gowa?(2) Bagaimanakah hasil belajar IPS siswa Kelas V SD Inpres Bontoloe Kecamatan Bontolempangan
Kabupaten Gowa setelah menerapkan model pembelajaran TANDUR? Penelitian ini merupakan penelitian
Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yakni 1)
Perencanaan; 2) pelaksanaan tindakan; 3) observasi: dan 4) refleksi. Subyek penelitian adalah guru dan
siswa kelas V SD Inpres Bontoloe yang berjulmalah 28 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester
ganjil tahun pelajaran 2020/2021. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar
observasi guru dan siswa, tes hasil belajar dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah
analisis data kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan Model
pembelajaran TANDUR pada pembelajaran IPS dikelas V SD Inpres Bontoloe terlaksana dengan baik
Pembelajaran yang dilakukan sudah sesuai dengan langkah-langkah dalam model pembelajaran TANDUR,
Peneliti menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, memberikan penguatan dan
penghargaan kepada siswa, dan meyakinkan kemampuan siswa dalam memahami materi pembelajaran.
2) Hasil Belajar IPS Kelas V SD Inpres Bontoloe pada siklus I menunjukkan bahwa persentase siswa yang
nilainya di atas KKM baru mencapai 67,86%, sehingga masih belum dapat mencapai kriteria keberhasilan
penelitian. Pada siklus II Persentase nilai siswa yang di atas KKM pada siklus II meningkat menjadi 100%.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TANDUR
dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa Kelas V SD Inpres Bontoloe Kecamatan Bontolempangan
Kabupaten Gowa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Maulidnawati Jumrah, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Tandur dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas V SD Inpress Bontoloe Kecamatan Kabupaten Gowa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 368- 373. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.2120
Section
Articles

References

[1] Abdurrahman, M.2012. Anak Berkesulitan Belajar Teori Diagnostik, dan Remidiasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
[2] Arifin, Dedy. 2017. Pengertian Model Pembelajaran Tandur. (online) http://dedyarifin.blogspot.com/2017/03/model-pembelajaran-tandur.html. Diakses 11 Mei 2020.
[3] Aunurahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Pontiank: Alfabeta.
[4] Arikunto, S. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
[5] De Porter, B. 2003. Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.
[6] Daryanto.2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
[7] Gunawan, R. 2011. Pendidikan IPS Filosofi, Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Alfabeta.
[8] Ihwani, 2014. Langkah – langkah Model Pembelajaran TANDUR, (Online), (http://Ihwanifisika.blogspot.com/2014/02/v-behaviorurldefaultvmlo.html?m=1, Diakses 13 April 2020.
[9] Kunandar. 2013. Penilaian Autentik ( Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: PT Grafindo Persada.
[10] Sardjiyo, Didih., & Ischak. 2009. Pendidikan IPS di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
[11] Susanto, A.2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di SD. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
[12] Sudjana, N. 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
[13] Shoimin, Aris. 2014. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-ruz media.
[14] Solihatin, Etin dan Raharjo. 2007. Peningkatan Hasil Belajar. Jakarta: Bumi aksara.
[15] Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
[16] Syah, Muibbin. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
[17] Trianto. 2013. Model Pembelajaran Terpadu Konsep Strategis, dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: PT Bumi Aksara.
[18] Sa’ud, Udin Saefuddin. 2008. Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
[19] Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Bagian Penjelasan Tentang Sistem Pendidikan Nasional.2003.Jakarta: Kemendikbud.
[20] Vistanisti. 2013. Pengertian Metode. (Online),http://Vistanisti-meblog.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.