Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Klasifikasi Menggunakan Metode SQ3R dengan Media Gambar
Main Article Content
Abstract
Pembelajaran membaca teks klasifikasi peserta didik kelas X-MIPA SMA Negeri 1 Gunungsitoli Idanoi belum terlaksana secara optimal karena pembelajaran yang dilakukan belum mampu memotivasi peserta didik dengan baik. Perlu metode dan media pembelajaran yang lebih efektif dan mampu memotivasi peserta didik. Subjek penelitian ini adalah keterampilan membaca peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Gunungsitoli Idanoi. Adapun sumber data penelitian ini adalah kelas X-MIPA SMA Negeri 1 Gunungsitoli Idanoi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan secara signifikan. Rata-rata nilai keterampilan peserta didik, keterampilan membaca teks klasifikasi diikuti perubahan sikap religius dan sosial ke arah positif yang lebih baik. Respon peserta didik terhadap pembelajaran juga sangatlah baik.