Konsep Khalifatullah Terhadap Pengembangan Kepemimpinan Pendidikan Islam Persfektif M. Quraish Shihab dan Al-Gazali

Main Article Content

Nikmatul Musayadah
Devy Habibi Muhammad
Ari Susandi

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana Konsep khalifatullah dalam Perspektif M. Quraish Shihab dan Al-Ghazali, serta Persamaan dan Perbedaan Konsep Khalifah M. Quraish Shihab dan perspektif Al-Ghazali. Adapun jenis penelitian ini yaitu penelitiaan kepustakaan dan metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Pemikiran M Quraish Shihab dan Al-Ghazali mengenai konsep khalifatullah memiliki pengertian yang sama, yaitu sebagai seorang pengganti, penerus atau pewaris. perbedaan pemikiran ke dua tokoh tersebut yaitu M Quraish Shihab lebih cenderung pada peran manusia dalam mengemban tanggung jawab dan tugas yang ditentukan Tuhannya. Sedangkan Al-Ghazali lebih cenderung pada kesultanan atau mengenai hal yang berhubungan dengan politik dan pemerintahan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Musayadah, N., Muhammad, D. H., & Susandi, A. (2021). Konsep Khalifatullah Terhadap Pengembangan Kepemimpinan Pendidikan Islam Persfektif M. Quraish Shihab dan Al-Gazali. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 489-497. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.2134
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.