Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Ahlussunnah Wal Jama’ah Pada Siswa MTs Nurul Huda Kedopok Kota Probolinggo

Main Article Content

Yulistian Hartini
Devy Habibi Muhammad
Ari Susandi

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran, upaya guruPendidikan Agama Islam serta mengetahui akibat dari upaya Pendidikan Agama Islam dalam  menanamkan nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jama’ah  Pada SiswaMTs Nurul Huda. Penelitian ini dirancang dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara obeservasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digubakan adalah  reduksi data, display/ penyajian data, verifikasi data dan  penarikan  kesimpulan.  Berdasarkan analisis data dalam  penelitian  ini, dapat disimpulkan bahwa. 1) Pelaksanaan pembelajaran materi Ahlussunnah Wal Jama’ah pada Siswa Kelas 4 MTs Nurul Huda.sudah sesuai dengan materi pembelajaran dan tujuan pembelajaran dengan menggunakan Rencana Program Pembelajaran Aswaja, pengamalanTawasuth, i’tidal, Tasamuh, Tawazun, Amr Ma’ruf  Nahi Munkar,dengan menggunakan metode ceramah dan diskusi. 2) dampak penanaman nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jama’ah  Pada Siswa MTs Nurul Huda adalah siswa dapat memiliki budi pekerti yang berakhlak, memiliki toleransi kepada teman serta, memiliki rasa patuh kepada orang tua dan pengajar di sekolah.


Keywords: Guru Pendidikan Agama Islam, Ahlussunnah Wal Jama'ah

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hartini, Y., Muhammad, D. H., & Susandi, A. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Ahlussunnah Wal Jama’ah Pada Siswa MTs Nurul Huda Kedopok Kota Probolinggo. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 464-472. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.2136
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.