Validitas dan Praktikalitas Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Adobe Flash CS6
Main Article Content
Abstract
Berdasarkan observasi terhadap proses pembelajaran pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar di kelas X Jurusan Multimedia (MM) SMK Negeri 5 Sijunjung menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran masih menggunakan papan tulis dan powerpoint, namun papan tulis dan powerpoint kurang mendukung dalam proses pembelajaran komputer dan jaringan dasar. Maka dari itu, perlunya mengembangan media pembelajaran berbasis android sebagai media pembelajaran agar siswa dapat memahami materi dengan baik, dan dapat digunakan untuk belajar mandiri. Metode penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Four-D). Tahap penelitian ini meliputi define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket yang digunakan untuk mengukur validitas dan praktikalitas. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis android yang valid, praktis.