Validitas dan Praktikalitas Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Adobe Flash CS6

Main Article Content

Elvira Sawitri

Abstract

Berdasarkan observasi terhadap proses pembelajaran pada mata pelajaran  komputer dan jaringan dasar di kelas X Jurusan Multimedia (MM) SMK Negeri 5 Sijunjung menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran masih menggunakan papan tulis dan powerpoint, namun papan tulis dan powerpoint kurang mendukung dalam proses pembelajaran komputer dan jaringan dasar. Maka dari itu, perlunya mengembangan media pembelajaran berbasis android sebagai media pembelajaran agar siswa dapat memahami materi dengan baik, dan dapat digunakan untuk belajar mandiri. Metode penelitian  ini menggunakan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Four-D). Tahap penelitian ini meliputi define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket yang digunakan untuk mengukur validitas dan praktikalitas. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis android yang  valid, praktis.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sawitri, E. (2021). Validitas dan Praktikalitas Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Adobe Flash CS6. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 675-678. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.2152
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.