Analisis Implementasi Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di SMA Negeri 5 Pematangsiantar

Main Article Content

Amini Amini
Sri Kesumawaty
Salim Aktar

Abstract

Permasalahan dalam Penelitian ini adalah menunjukkan bahwa belum optimalnya proses pembelajaran khususnya, dalam kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi sosial, kompetensi kepribadian dalam  meningkatkan kompetensi guru di SMA Negeri 5 Pematangsiantar.


Tujuan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dimana peneliti langsung meneliti ke lapangan. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan studi dokumentasi yang dilakukan di SMA Negeri 5 Pematangsiantar. Adapun informan penelitian ini berjumlah 4 orang yaitu: kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru mata pelajaran. Untuk menganalisis data menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk memeriksa keabsahan data menggunakan uji credibility dengan, menggunakan teknik triangulasi, uji transferability, dependability, dan confirmability.


Hasil penelitian ini mengungkapkan tiga temuan yaitu: (1) perencanaan program supervisi yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru sudah tersusun dengan benar sesuai dengan ketentuan yang ada, (2) teknik supervisi yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru adalah dengan menggunakan teknik supervisi secara individu dan kelompok, (3) evaluasi supervisi yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru dilihat dari kinerja yang ditunjukkan guru, dengan adanya kegiatan supervisi  ini guru sangat terbantu dalam menghadapi setiap masalah yang dihadapi berkaitan dengan kegiatan pembelajaran. 


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Amini, A., Kesumawaty, S., & Aktar, S. (2021). Analisis Implementasi Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di SMA Negeri 5 Pematangsiantar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 660-667. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.2174
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.