Efektivitas Pembelajaran Online melalui Aplikasi Edmodo pada Mata Kuliah Ekologi Hewan
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi edmodo terhadap efektivitas pembelajaran mahasiswa pendidikan biologi. Penelitian ini merupakan experiment semu (Quasi Experimental Design). Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah posttest only control design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh mahasiswa semester VI prodi pendidikan biologi IKIP Gunungsitoli angkatan 2020/2021 berjumlah 72 orang. Sampel terdiri dari 2 kelas dimana kelas 1 adalah kelas experimen dibelajarkan menggunakan aplikasi edmodo dan kelas 2 adalah kelas kontrol dibelajarkan tanpa menggunakan aplikasi edmodo. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi, angket dan soal posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunakan aplikasi Edmodo terhadap efektifitas pembelajaran, hasil tes menunjukkan ketuntasan klasikal sebesar 84% pada kelompok yang menggunakan aplikasi Edmodo, sehingga dapat disimpulkan pembelajaran menggunakan aplikasi edmodo efektif dalam dalam kegiatan perkuliahan.