Kemampuan Membaca Kritis di Tinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Minat Membaca pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Gunungsitoli
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca kritis ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan minat membaca pada siswa kelas VIII SMPN 3 Gunungsitoli. Penelitian ini merupakan penelitian expostfacto. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII SMPN 3 Gunungsitoli yang berjumlah 159 siswa. Sebanyak 106 siswa di pilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik random sampling. Data kemampuan membaca kritis dan berpikir kritis dikumpulkan dengan menggunakan tes esai, sedangkan data minat membaca menggunakan kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan Anava dua arah berbantuan SPSS17.00 for windows. Penelitian menunjukkan hasil sebagai berikut. Pertama, terdapat perbedaan kemampuan membaca kritis ditinjau dari kemampuan berpikir kritis. Kedua, terdapat perbedaan kemampuan membaca kritis ditinjau dari minat membaca. Ketiga, terdapat pengaruh interaksi antara kemampuan berpikir kritis dan minat membaca terhadap kemampuan membaca kritis. Kempat, terdapat perbedaan kemampuan membaca kritis pada siswa yang memiliki berpikir kritis tinggi dengan siswa yang memiliki minat baca tinggi dengan minat baca rendah. Kelima, terdapat perbedaan kemampuan membaca kritis pada siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah dengan siswa yang memiliki minat baca tinggi dan minat baca rendah. Keenam, terdapat perbedaan kemampuan membaca kritis pada siswa yang memiliki minat baca tinggi dengan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi dan kemampuan berpikir kritis rendah. Ketujuh, terdapat perbedaan kemampuan membaca kritis pada siswa yang memiliki minat baca rendah dengan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi dan kemampuan berpikir kritis rendah.