Analisis Pelaksanaan Pembelajaran HOTS Saat Daring di SDN Girimoyo 02 Kabupaten Malang
Main Article Content
Abstract
Kurikulum 2013 menuntut adanya pembelajaran HOTS dan penilaian HOTS. Tujuan pembelajaran dan penilaian HOTS disaat diberlakukan pembelajaran daring ditengah penyebaran virus Covid-19 dan menuntut tetap diberlakukan pembelajaran HOTS dan memberikan fasilitas bagi peserta didik dalam mengembangkan kecakapan, kemampuan dan keterampilan dalam menghadapi tantangan diera digital. Pelaksanaan pembelajaran HOTS dalam kurikulum 2013 diharapkan mampu menjawab permasalahan pendidikan yang ada di Indonesia dan mengarahkan perbaikan disistem pendidikan demi menciptakan generasi penerus bangsa yang berkarakter dan mampu bersaing didunia Internasional meskipun keadaan peserta didik melaksanakan pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif dan pendekatan deskriptif kualitatif. Kualitatif merupakan dimana pengumpulan data dan informasi dari wawancara, dokumentasi dan observasi. Pembelajaran HOTS memakai keterampilan afektif, psikomotor dan kognitif. Fungsi keterampilan dalam proses pembelajaran yaitu: Keterampilan berfikir tingkat tinggi sebagai transfer of knowledge, Keterampilan berfikir tingkat tinggi sebagai critical and creative thinking, Keterampilan berfikir tinggi sebagai problem solving. Pelaksanaan pembelajaran HOTS dengan membuat perangkat pembelajaran sebelum mengajar dan berpedoman pada pembelajaran HOTS dan penilaian HOTS. Pelaksanaan pembelajaran di SDN Girimoyo 02 Kabupaten Malang tetap melaksanakan pembelajaran HOTS dituntut melakukan evaluasi berbasis HOTS. Pelaksanaan pembelajaran HOTS tetap mengacu pada kurikulum darurat (kurikulum khusus) menyesuaikan keadaan saat ini yaitu tetap melaksanakan pembelajaran HOTS disaat diberlakukan pembelajaran daring ditengah penyebaran virus covid 19 untuk memutus mata rantai penyebaran virus.