Strategi Guru dalam Upaya Membentuk Motivasi Belajar Siswa MTS AL-IKHLAS KUALUH LEIDONG

Main Article Content

Dea Ayu Puspita
Indra Indra
Restiana Harahap
Titi Nuraini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang telah dilakukan oleh guru dalam meningkatkan motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan mengambil lokasi di MTs Al-Ikhlas Kualuh Leidong dan menjadikan siswa sebagai subjek penelitian. Sampel diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling dengan jumlah informan sebanyak satu orang yang terdiri dari guru honor. Uji keabsahan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah uji credibility, uji transferability dan uji confirmability. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil analisis data dokumentasi, wawancara dan observasi dapat diketahui bahwa strategi guru dalam upaya membentuk motivasi belajar di MTs Al-Ikhlas Kualuh Leidong yaitu dengan membangkitkan minat siswa, menciptakan suasana belajar menyenangkan, komentar dan pujian, menciptakan persaingan dan kerjasama, memberikan penilaian.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Puspita, D., Indra, I., Harahap, R., & Nuraini, T. (2022). Strategi Guru dalam Upaya Membentuk Motivasi Belajar Siswa MTS AL-IKHLAS KUALUH LEIDONG. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 697-702. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.2273
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.