Sistem Pembelajaran Berbasis Terknologi Informasi dan Komunikasi
Main Article Content
Abstract
Sistem pembelajaran yang terorganisir merupakan perpaduan yang meliputi unsur manusia, materi, fasilitas, peralatan, dan prosedur yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan. Elemen manusia dalam sistem pembelajarannya adalah mahasiswa, guru, dosen, pustakawan, laboratoriun, administrasi personal serta pihak-pihak yang mendukung keberhasilan proses pembelajaran. Informasi dan teknologi komunikasi merupakan hasil rekayasa manusia terhadap proses informasi dan proses penyampaian pesan(gagasan) dari satu pihak ke pihak yang lain yang mengakibatkan dalam distribusi yang lebih cepat, lebih luas, dan penyimpanan yang lebih lama. Untuk dapat memanfaatkan TIK untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, ada tiga hal yang harus di wujudkan yaitu : (1) siswa dan guru harus memiliki akses keteknologi digital dan internet dikelas, sekolah, dan lembaga pendidikan guru. (2) harus tersedia materi kualitas, dukungan bermakna dan budaya bagi siswa dan guru. (3) guru harus memiliki pengertahuan dan keterampilan dalam menggunakan alat dan sumber daya digital untuk membantu siswa mencapai standar akademik. Tuntutan pembelajaran kedepan harus terbuka, dua arah, beragam, multi disiplin dan terkait dengan produktivitas kerja``pada saat itu`` dan kompetitif. Teknologi informasi dan komunikasi yang murah dan mudah akan menghilangkan keterbatasan ruang dan waktu yang selama ini membatasi dunia pendidikan. Pada saat ini banyak dampak yang terjadi akibat perkembangan IT jika disikapi secara positif mampu memberikan dampak positif, namun jika ditanggapi negatif dan mungkin akan terpengaruh secara negatif.