Manajemen Pembelajaran Matematika dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMAN 1 Kualah Selatan
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran tentang minat belajar siswa dan manajemen pembelajaran matematika di SMAN 1 Kualuh Selatan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Siswa-siswi di SMAN 1 Kuauh Selatan memiliki minat belajar pada mata pelajaran matematika yang beragam, diperlukan peran guru dalam membangkitkan sikap positif dan merancang pembelajaran matematika dibutuhkan agar perlahan-lahan dapat menumbuhkan minat belajar siswa terhadap matematika; 2) Untuk meningkatkan minat belajar siswa guru lebih mengoptimalkan dalam merencanakan komponen komponen yang ada dalam RPP yaitu tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian pembelajaran; 3) Pengorganisasian yang dilakukan dalam menunjang kegiatan belajar matematika diantaranya yaitu pengorganisasian kurikulum, sarana dan prasarana, guru, serta pengorganisasian siswa; 4) Pelaksanaan pembelajaran matematika dilakukan dalam tiga kegiatan yaitu kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup dengan tetap menjaga perhatian siswa agar fokus dalam pembelajaran; 5) Evaluasi pembelajaran dilaksanakan dengan jenis evaluasi formatif dan sumatif.