Implementasi Manajemen Strategi Pendidikan di UPT SDN 066657 Kecamatan Medan Labuhan
Main Article Content
Abstract
Manajemen strategi pendidikan merupakan suatu implementasi dari perencanaan, pemantauan, analisis serta evaluasi yang dimuat secara lanjut melalui beberapa aspek kewajiban yang dibutuhkan dari organisasi guna untuk dapat mencapai suatu tujuan yang sudah direncanakan. Manajemen strategis pendidikan disini berfokus pada proses dalam organisasi ataupun lembaga sekolah, yang mana dapat melakukan perkembangan dalam suatu kebijakan tertentu yang berguna untuk mencapai tujuan bersama yang sebagaimana direncanakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui bagaimana implementasi Manajemen Strategi Pendidikan di Sekolah Dasar Negeri 066657 Kec. Medan Labuhan. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam kajian ini adalah penelitian kualitatif dan kuantitatif. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Tenaga Tata Usaha, dan 3 orang guru. Objek dalam observasi adalah implementasi manajemen strategi pendidikan. Teknik dalam pengumpulan data adalah obervasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini penulis menemukan beberapa kebijakan sekolah yang terkait dengan manajemen peserta didik, manajemen kurikulum, manajemen personal, manajemen sarana prasarana, dan manajemen anggaran.