Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membangun Bangsa

Main Article Content

Annisa Laela Putri
Dinie Anggraeni Dewi
Yayang Furi Furnamasari

Abstract

Pendidikan kewarganegaraan merupakan bagian integral dari sistem pendidikan nasional. Oleh karena itu proses pendidikan kewarganegaraan perlu dibenahi dalam kurikulum dan pembelajaran pada semua jalur dan jenjang pendidikan. Fungsi dan perannya dalam rangka pencapaian tujuan pendidikan nasional, pendidikan kewarganegaraan dirancang, dikembangkan, dilaksanakan dan dievaluasi dalam rangka perwujudan tujuan pendidikan nasional. Pendidikan kewarganegaraan merupakan salah satu mata pelajaran yang menjadi andalan dalam pengembangan karakter siswa. Membangun karakter bangsa melalui pendidikan kewarganegaraan merupakan suatu keharusan karena pendidikan menjadikan peserta didik cerdas dan berakhlak mulia sehingga keberadaannya di masyarakat menjadi bermakna. Oleh karena itu, melalui Pendidikan Kewarganegaraan, peserta didik dapat membangun kebiasaan-kebiasaan yang baik, moral dan etika sehingga dapat dipahami, dihayati dan mampu secara konsisten diamalkan dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Namun pada kenyataannya mata pelajaran PKn belum cukup berhasil menjalankan peran tersebut dengan baik karena pembelajaran PKn hanya berorientasi pada prestasi kognitif. Sebaliknya, pencapaian afektif atau sikap cenderung diabaikan. Oleh karena itu, perlu dilakukan modifikasi pembelajaran PKn dengan mengintegrasikan konsep pendidikan karakter dalam kegiatan pembelajaran agar lebih berperan dalam mengembangkan karakter siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Putri, A., Anggraeni Dewi, D., & Furnamasari, Y. F. (2022). Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membangun Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 126-130. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.2318
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.