Efektivitas Metode Struktual Analitik Sintetik Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Disleksia (Single Subject Research di Kelas II SDN 10 Rimbo Tangah))

Main Article Content

Zuhriyati Yati
Marlina Marlina
Arisul Mahdi

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan dilatar belakangi ditemukannya tiga orang anak yang mengalami kesulitan dalam membaca permulaan. Kesalahan yang dialami anak seperti sering mengurangkan huruf, menambah huruf, menambah kata serta menambah kata. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak disleksia melalui metode SAS di SDN 10 Rimbo Tangah. Jenis penelitian ini eksperimen dalam bentuk subjek tunggal (Single Subject Research) , dengan desain penelitian A-B yaitu Multiple Baseline Across Subject Design Subjek pada penelitian ini berjumlah tiga orang anak disleksia, dengan kemampuan membaca permulaan (membaca kata benda) yang masih rendah. Data yang diperoleh pada penelitian ini yaitu melalui instrumen tes kemampuan membaca yang diamati secara langsung oleh peneliti. Hasil analisis data dari kondisi Fase A dan Fase B secara keseluruhan menunjukkan bahwa melalui metode SAS dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak disleksia di Kelas II SDN 10 Rimbo Tangah.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Yati, Z., Marlina, M., & Mahdi, A. (2022). Efektivitas Metode Struktual Analitik Sintetik Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Disleksia (Single Subject Research di Kelas II SDN 10 Rimbo Tangah)). Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1-10. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.2332
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.