Persepsi Guru Terhadap Evaluasi Pembelajaran

Main Article Content

Fajar Baihaq'qi
Ayyu Purnama
Nurana Dwina Bintang
Salisa Afany

Abstract

Evaluasi Pembelajaran adalah suatu proses yang akan menentukan tingkat pencapaian tujuan pembelajaran yang telah ditentukan sebelumnya melalui cara yang sistematis. Evaluasi pembelajaran bertujuan untuk mengumpulkan informasi yang menjadi landasan dalam mengukur tingkat kemajuan, perkembangan, dan pencapaian belajar peserta didik, serta keefektifan pendidik dalam mengajar. Pengukuran dan penilaian menjadi kegiatan utama dalam evaluasi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar persepsi guru terhadap evaluasi pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh guru di Indonesia yang Teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam persentase. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa persepsi guru terhadap evaluasi pembelajaran yaitu pada kategori sangat tinggi sebesar 10,5% (2 guru), pada katagori tinggi sebesar 5,2 % (2 guru), pada katagori sedang sebesar 52,7 % (10 guru), pada katagori rendah sebesar 31,6 % (6 guru), dan pada katagori sangat rendah sebesar 0 % (0 guru). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sebagian besar persepsi guru terhadap evaluasi pembelajaran yaitu sedang dengan jumlah 52,7%.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Baihaq’qi, F., Purnama, A., Bintang, N. D., & Afany, S. (2022). Persepsi Guru Terhadap Evaluasi Pembelajaran. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 588-591. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.2336
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.