Pentingnya Menumbuhkan Sikap Toleransi pada Anak Usia Sekolah di Indonesia: Negeri Multikultural

Main Article Content

Alifa Nur Latifah
Dinie Anggraeni Dewi
Yayang Furi Furnamasari

Abstract

Indonesia adalah negeri yang memiliki begitu banyak keragaman, terutama budayanya. Multikultural adalah istilah yang menggambarkan kondisi sosial budaya yang beragam ini. Melihat fakta tersebut, sulitnya hidup berdampingan dalam ruang perbedaan adalah nyata. Terbukti dengan banyaknya konflik sosial yang diakibatkan oleh hilangnya toleransi. Di mana, toleransi ini merupakan sumber kekuatan untuk bertahan dan berdamai dalam kebhinekaan Indonesia. Oleh karena itu, sikap toleransi harus menjadi karakter setiap individu bangsa ini. Demi mewujudkannya, perlu lah adanya sosialisasi terkait hal tersebut. Sosialisasi ini dilaksanakan melalui melalui serangkaian interaksi dalam pendidikan, terutama ketika anak-anak mulai mengenal dunia luar dengan seksama, yaitu pada usia sekolah. Berbagai analisis terhadap berbagai penelitian yang berkaitan, khususnya dengan menganalisis berbagai faktor yang mempengaruhi perkembangan anak, anak pada usia sekolah mengalami perkembangan yang pesat dan mendalam, mulai dari cara berpkir, hingga menemukan jati diri mereka. Maka dari itu, penanaman sikap toleransi pada anak usia sekolah ini akan menjadi ilmu abadi yang nantinya akan mereka terapkan dalam keseharian. Berkaitan dengan hal tersebut, pembinaan sikap toleransi pada anak usia sekolah sangatlah urgen. Demi menyiapkan anak-anak penerus bangsa ini, untuk dapat memperjuangkan nilai-nilai toleransi, yang juga dibutuhkan demi kehidupan mereka di negeri plural ini. Juga, demi masa depan bangsa multikultural ini yang beragam, dengan indahnya toleransi di dalamnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Latifah, A., Dewi, D., & Furnamasari, Y. (2022). Pentingnya Menumbuhkan Sikap Toleransi pada Anak Usia Sekolah di Indonesia: Negeri Multikultural. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 969-973. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.2348
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.