Peningkatan Prestasi Akademik Siswa di Sekolah SMAS AL-ULUM Terpadu pada Pembelajaran daring di Masa Pandemi Covid-19

Main Article Content

Sya fira
Tegar jaya Putra
Ayu Azhari
Imam Amir Musthofa

Abstract

Dalam penelitian kali ini dapat dijadikan sumber ilmu dalam mempraktikkan Pendidikan Secara Daring di masa Pandemi COVID- 19, agar kompetensi guru terus ditingkatkan dalam pemakaian tata cara pendidikan sistem daring dengan memahami pemanfaatan serta pemakaian pasilitas belajar untuk tingkatkan prestasi siswa, sehingga pendidikan sistem daring menjadi sesuatu pemecahan di masa pandemi COVID- 19, agar proses belajar mengajar yang dilakuan dirumah tetap berjalan sama dengan pembelajaran di sekolah. Penggunaan aplikasi pembelajaran online yang berbeda, keterbatasan dalam pulsa dan aksesibilitas internet, serta pengetahuan orang tua terhadap materi pembelajaran anaknya. Hal tersebut mengakibatkan menurunnya motivasi belajar sebab anak tidak mampu mengatasi kesulitan kesulitan pada saat pembelajaran sehingga anak menjadi malas belajar. Padahal, menuntut ilmu merupakan proses yang pasti terjadi pada masing masing orang selama hidupnya (Arsyad, 2017). Sementara itu, adanya motivasi memberikan efek positif berupa semangat, kegigihan, dan arah perilaku (Schunk, 2012). Sehingga, bimbingan belajar (bimbel) diharapkan mampu membantu memecahkan masalah dengan suasana belajarmengajar yang kondusif (Yusuf, S & Nurihsan, 2012). Contoh pendampingan pembelajaran secara daring diantaranya menjelaskan cara mengerjakan tugas di Google classroom, cara menguploud tugas di Google Drive, cara mengaploud tugas di Youtube, cara membuat video menggunakan aplikasi Kine Master yang bisa di instal gratis di HP siswa, dll. Metode ceramah ataupun dialog diseleksi untukĀ  memberikan konsep- konsep yang berarti untuk dipahami serta kuasai oleh siswa pendampingan, yang dikombinasikan dengan pemberian materi yang padat, cepat, dan mudah difahami bagi siswa siswa tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
fira, S., jaya Putra, T., Azhari, A., & Musthofa, I. (2022). Peningkatan Prestasi Akademik Siswa di Sekolah SMAS AL-ULUM Terpadu pada Pembelajaran daring di Masa Pandemi Covid-19. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 576-581. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.2374
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.