Penerapan Kurikulum Darurat sebagai Strategi Pendidikan dalam Kondisi Pandemic Covid-19

Main Article Content

Ahmadi Hamsa Ramadhan
Hasanah Fadillah
Reza Khaliza
Inom Nasution

Abstract

Departemen Pembelajaran serta Kebudayaan (Kemendikbud) menerbitkan Pedoman Penerapan Kurikulum pada Satuan Pembelajaran dalam Keadaan Spesial. Satuan pembelajaran dalam keadaan spesial bisa memakai kurikulum yang cocok dengan kebutuhan pendidikan partisipan didik. Kurikulum darurat (dalam keadaan spesial) yang disiapkan oleh Kemendikbud ialah penyederhanaan dari kurikulum nasional. Pada kurikulum tersebut dicoba pengurangan kompetensi bawah buat tiap mata pelajaran sehingga guru serta siswa bisa berfokus pada kompetensi esensial serta kompetensi prasyarat buat kelanjutan pendidikan di tingkatan berikutnya. Kemendikbud pula sediakan modul- modul pendidikan buat Pembelajaran Anak Umur Dini (PAUD) serta Sekolah Dasar (SD) yang diharapkan bisa menolong proses belajar dari rumah dengan mencakup penjelasan pendidikan berbasis kegiatan buat guru, orang tua, serta partisipan didik. Buat menolong siswa yang terdampak pandemi serta berpotensi tertinggal, Mendikbud mengimbau guru butuh melaksanakan asesmen diagnostik. Asesmen dicoba di seluruh kelas secara berkala buat mendiagnosis keadaan kognitif serta non- kognitif siswa selaku akibat pendidikan jarak jauh. Asesmen non-kognitif diperuntukan buat mengukur aspek psikologis serta keadaan emosional siswa, semacam kesejahteraan psikologi serta sosial emosi siswa, kesenangan siswa sepanjang belajar dari rumah, dan keadaan keluarga siswa. Asesmen kognitif diperuntukan buat menguji keahlian serta capaian pendidikan siswa. Hasil asesmen digunakan selaku bawah pemilihan strategi pendidikan serta pemberian remedial ataupun pelajaran bonus buat partisipan didik yang sangat tertinggal. Pemerintah pula melaksanakan relaksasi peraturan buat guru dalam menunjang kesuksesan pendidikan di masa pandemi Covid- 19.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hamsa Ramadhan, A., Fadillah, H., Khaliza, R., & Nasution, I. (2022). Penerapan Kurikulum Darurat sebagai Strategi Pendidikan dalam Kondisi Pandemic Covid-19. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 401-407. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.2383
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.