PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PKN SISWA TENTANG MUSYAWARAH KELAS II DI SD

Main Article Content

Masnur Masnur

Abstract

Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah apakah penerapan metode role playing untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar PKn siswa tentang musyawarah kelas II di SD. Pembelajaran cenderung berorientasi pada guru, sehingga kurang terjalin interaksi antara guru dengan siswa, dan siswa dengan siswa. Hal ini mengakibatkan kurangnya motivasi belajar pada siswa dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas. Hasil belajar siswa juga belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal yang ditentukan. Kondisi tersebut membutuhkan suatu pembelajaran yang dapat menyelaraskan ranah kognitif, afektif dan psikomotor yaitu dengan menerapkan metode pembelajaran role playing pada mata pelajaran PKn. Metode role playing diterapkan karena dapat membangun semangat dan antusiasme siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SDN 1 Enrekang. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket dan tes hasil belajar siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan suatu peningkatan pada setiap aspek tujuan penelitian yang dilakukan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode role playing pada pembelajaran PKn dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas II SDN 1 Enrekang.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Masnur, M. (2017). PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PKN SISWA TENTANG MUSYAWARAH KELAS II DI SD. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 1(2), 36-50. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v1i2.24
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.