Implementasi Model Guided Inquiry Berbantuan Media Pembelajaran SketchUp Pada Mata Kuliah Konstruksi Bangunan

Main Article Content

Adrianus Zega
Maria Magdalena Zagoto
Oskah Dakhi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan implementasi model Guided Inquiry berbantuan media pembelajaran SketchUp dalam pembelajaran Konstruksi Bangunan pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, IKIP Gunungsitoli. Penerapan model Guided Inquiry berbantuan media pembelajaran SketchUp berfokus pada skenario pembelajaran untuk memudahkan penyampaian materi dan melibatkan mahasiswa secara langsung dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian ini pada semester genap TA. 2019/2020. Subyek penelitian ini adalah 25 mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan yang sedang mengikuti mata kuliah Konstruksi Bangunan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes (terdiri dari post-test dan pre-test), dan wawancara untuk memperoleh data persepsi mahasiswa terhadap penerapan model pembelajaran dan aktivitas mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar mahasiswa pada aspek kognitif pada Siklus I sebesar 52%, sedangkan Siklus II sebesar 80%. Siklus pertama memiliki 60% dalam aspek psikomotor, sedangkan Siklus kedua adalah 76%. Mengenai motivasi mahasiswa selama proses pembelajaran, Siklus I sebesar 49,92%, sedangkan Siklus II sebesar 63,88%. Berdasarkan temuan tersebut, implementasi model Guided Inquiry berbantuan media pembelajaran SketchUp dapat meningkatkan hasil belajar dan partisipasi mahasiswa dalam pembelajaran. Pelaksanaan proses pembelajaran mengalami peningkatan persentase sebesar 9%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi model Guided Inquiry berbantuan media pembelajaran SketchUp merupakan strategi atau alat pengajaran yang tepat dalam menyampaikan materi pada mata kuliah konstruksi bangunan dalam memotivasi mahasiswa dan melaksanakan pembelajaran serta meningkatkan hasil belajar mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Zega, A., Zagoto, M., & Dakhi, O. (2021). Implementasi Model Guided Inquiry Berbantuan Media Pembelajaran SketchUp Pada Mata Kuliah Konstruksi Bangunan. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 831-838. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.2464
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.