Transformasi Sosial dalam Nilai-Nilai Pendidikan Islam di Kabupaten Sidenreng Rappang

Main Article Content

Elihami Elihami
Firawati Firawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perubahan sosial dalam nilai-nilai pendidikan Islam. Jenis penelitian ini adalah deskriptif yang bersifat kausalitas. Populasi penelitian ini adalah masyarakat kabupaten Sidenreng Rappang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Nilai atau sistem nilai yang dianut seseorang atau suatu masyarakat mempunyai beberapa karakteristik. Pertama, nilai merupakan hasil dari suatu proses intraksi manusia daslam kehidupannya. Dalam proses tersebut banyak faktor yang mempengaruhinya, baik faktor internal maupun eksternal. Kedua, nilai selalu berkaitan dengan kepentingan yang bersangkutan. Dengan demikian, nilai merupakan respon yang dibuat seseorang atau suatu masyarakat dengan bertitik tolak dari kepentingan masing-masing. Ketiga, nilai yang diyakini tersebut tidak selalu berada dalam tataran yang sama. Nilai memiliki hirarki. Ada nilai yang tertanam dalam pada pribadi seseorang, tapi ada pula yang tidak begitu dalam diyakininya. Karakteristik nilai yang ketiga ini ditentukan oleh karakteristik nilai yang pertama dan kedua. Keempat, nilai-nilai yang ada dalam sisten nilai tidak selamanya sejalan. Dalam situasi tertentu seseorang atau suatu masyarakat berhadapan dengan nilai yang bertolak belakang yang sama-sama dianutnya. Dalam posisi demikian, nilai mana yang dipilih itu ditentukan oleh karakteristik nilai pertama, kedua dan ketiga yang dimilki oleh subyek pengambil keputusan tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Elihami, E., & Firawati, F. (2017). Transformasi Sosial dalam Nilai-Nilai Pendidikan Islam di Kabupaten Sidenreng Rappang. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 1(2), 51-60. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v1i2.25
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.