Analisis Pendekatan Service Learning untuk Membentuk Karakter siswa dalam Pembelajaran PKn di SD

Main Article Content

Neng Ani
Yayang Furi Furnamasari
Dinie Anggraeni Dewi

Abstract

Pendidikan Kewarganegaraan merupakan salah satu mata pelajaran di sekolah yang memiliki tujuan untuk mengembangkan peserta didik agar menjadi warga negara yang memiliki karakter baik. Namun, pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan masih terlalu berfokus pada komponen civic knowledge yang hanya berkaitan dengan pengetahuan kewarganegaraan. Sementara itu, pembentukan karakter siswa melalu mata pelajaran ini kurang optimal. Service learning dapat menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Service learning merupakan salah satu strategi pembelajaran yang dilakukan dengan cara mengintegrasikan ilmu yang siswa dapatkan di kelas dengan kebutuhan atau permasalahan yang di masyarakat. Pendekatan service learning dapat diterapkan pada siswa sekolah dasar pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan mengikuti beberapa tahap, yaitu investigasi, perencanaan, melakukan aksi, refleksi, dan demonstrasi. Pendekatan service learning efektif dalam membentuk karakter karakter siswa untuk menjadi manusia yang bertanggung jawab, berempati, berintegritas, berjiwa nasionalis, dan menjunjung tinggi nilai gotong royong.


Kata Kunci: Pendidikan Kewarganegaraan, Karakter, Service Learning, Siswa Sekolah Dasar

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ani, N., Furnamasari, Y., & Dewi, D. (2022). Analisis Pendekatan Service Learning untuk Membentuk Karakter siswa dalam Pembelajaran PKn di SD. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1130-1133. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.2507
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.