Memahami Bentuk-Bentuk Nasionalisme Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan

Main Article Content

Randita Lestari
Yayang Furi Furnamasari
Dinie Anggraeni Dewi

Abstract

Pendidikan kewarganegaraan merupakan bagian yang utuh dari sistem pendidikan nasional. Proses pendidikan kewarganegaraan diwujudkan dalam kurikulum dan pembelajaran semua jalur dan jenjang pendidikan. Untuk menjamin fungsi dan perannya dalam rangka pencapaian tujuan pendidikan nasional, pendidikan kewarganegaraan dirancang, dikembangkan, dilaksanakan, dan dievaluasi dalam konteks untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Nasionalisme  merupakan paham  untuk  menumbuhkan  sikap  cinta  tanah  air  yang berdasarkan persamaan sejarah kemudian bergabung menjadi satu untuk mempertahankan dan  loyalitas  kepada  bangsa  dan  negara. Nasionalisme  juga bisa  digunakan  sebagai  alat pemersatu  bangsa  demi  merebut  kemerdekaan. Tulisan ini menjelaskan tentang bagaimana proses pendidikan kewarganegaraan untuk memahami bentuk bentuk nasionalisme.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Lestari, R., Furnamasari, Y., & Dewi, D. (2022). Memahami Bentuk-Bentuk Nasionalisme Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 673-677. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.2516
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.