Penggunaan Gambar Sebagai Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD

Main Article Content

Dedi Sulaeman
Muhammad Yusuf Saputro

Abstract

Abstrak


 Mutu pendidikan tercermin dari mutu Sumber Daya Manusia ( SDM ). Sumber Daya Manusia masih rendah berarti mutu pendidikan pun masih rendah. Untuk meningkatkan mutu pendidikan maka kita dapat memulai dengan tenaga pendidik ( guru ) itu terlebih dahulu yang harus ditingkatkan mutunya.Untuk mempelajari IPA,anak – anak akan lebih mudah memahami konsep konsep yang rumit dan abstrak jika disertai contoh konkret.Contoh yang sesuai situasi dan kondisi yang dihadapi dengan mempraktikan sendiri upaya penemuan konsep melalui kegiatan fisik dan mental. Seperti penggunaan alat peraga. Penggunaan alat peraga pada pembelajaran IPA di SDN Babelan Kota 02 sangat tepat diterapkan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan hasil dan minat belajar siswa dengan menggunakan alat peraga. Hal tersebut dapat dilihat dari perolehan nilai di setiap siklus mengalami peningkatan, dilihat dengan persentase ketercapaian KKM dari  Pra Siklus sebesar 27%, Siklus I 63,6% dan Siklus II 100%.


 


Kata Kunci      : Hasil belajar, alat peraga, IPA.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sulaeman, D., & Saputro, M. (2020). Penggunaan Gambar Sebagai Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 342-349. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.256
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.