Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas Melalui Teknik Clustering Siswa Kelas X SMK Wiramandiri Kabupaten Soppeng

Main Article Content

Jumriati Jumriati
Rosary Iriany
Nuzul Tenriana

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam bentuk siklus, mulai dari (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Wiramandiri sebanyak 31 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan nontes berupa observasi, wawancara, dan angket. Keseluruhan data yang diperoleh dianalisis melalui teknik analisis kuantitatif dan analisis kualitaif. Pada sikus I, proses pembelajaran kurang memuaskan dan suasana kelas kurang kondusif dikarenakan siswa kesulitan dalam mengelompokkan kata. Pada siklus II dilakukan perbaikan dengan memberikan penjelasan langkah-langkah Clustering secara jelas dan melakukan pengelompokan kata dengan melihat objek secara langsung di luar kelas. Pada siklus II dikatakan belum mencapai hasil yang maksimal karena tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran yaitu menulis puisi dengan pilihan kata yang tepat. Oleh karena itu, dilanjutkan pada siklus III.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknik Clustering dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas X SMK Wiramandiri Kabupaten Soppeng. Perolehan nilai rata-rata siswa pada siklus I hanya mencapai 60,67 sedangkan nilai pada siklus II sebesar 68,56 pada siklus III sebesar 12,85% dengan perolehan skor rata-rata 81,41. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan pada guru menggunakan teknik pembelajaran yang dapat merangsang perhatian siswa, misalnya dengan menggunakan teknik Clustering sebagai alternatif pembelajaran menulis puisi bebas untuk menambah motivasi dan minat siswa mengikuti pembelajaran. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan melakukan penelitian dalam aspek yang berbeda untuk menambah khasanah ilmu bahasa. 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Jumriati, J., Iriany, R., & Tenriana, N. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas Melalui Teknik Clustering Siswa Kelas X SMK Wiramandiri Kabupaten Soppeng. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 848-859. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.2568
Section
Articles

References

Aminuddin. 2013. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensido
[2] Arikunto, Suhardjono, Supardi. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
[3] De Porter dan Hernacki. 2009. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyengkan. Bandung: Kaifa.
[4] Effendi, S., 2017. Bimbingan Apresiasi Puisi. Ende: Nusa Indah.
[5] Komaidi, Didik. 2017. Menulis Kreatif. Yogyakarta: Sabda Media.
[6] Kurniawan, Heru dan Sutarji. 2012. Penulisan Sastra Kreatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
[7] Nurjamal, Daeng. 2019. Terampil Berbahasa. Bandung: Alfabeta.
[8] Nurgiyantoro, Burhan. 2011. Penilaian Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPEE.
[9] Pradopo, Rahmat Djoko. 2014. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
[10] Sutjarso. 2006. Pengajaran Puisi Indonesia. Bahan ajar tidak diterbitkan. Makassar: Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Makassar.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.