Kelayakan Buku Saku IPA untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains di Sekolah Dasar

Main Article Content

Fitri Yani
Nuri Ramadhan
Mustafa Habib

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan metode ADDIE, yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan Buku Saku IPA yang dikembangkan. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan tehnik deskriftif kualitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor dan kategori skala penilaian. Subjek pada penelitian ini adalah validator ahli, kemudian guru dan siswa kelas IV di SD Annysa Tanjung Gusta, dimana jumlah siswa kelas IV adalah 31 orang. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk yang memenuhi syarat kelayakan. Validasi yang dilakukan pada pertemuan pertama (P1) mencapai angka 58,82% yang artinya buku sakuĀ  sudah dikatakan cukup valid dan cukup layak digunakan, tetapi masih ada revisi yang harus diperbaiki. Sehingga pada pertemuan yang kedua (P2) mencapai angka 87,05% yang artinya buku sakuĀ  sudah dikatakan valid dan layak digunakan. Begitu juga dengan penilaian lembar angket respon siswa dengan skor rata-rata persentasi mencapai 77% dengan kategori valid atau layak digunakan untuk siswa kelas IV. Sehingga dari uji kelayakan Buku Saku dinyatakan media yang dikembangkan sudah layak digunakan oleh siswa kelas IV SD Annysa Tanjung Gusta untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Yani, F., Ramadhan, N., & Habib, M. (2021). Kelayakan Buku Saku IPA untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains di Sekolah Dasar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 860-864. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.2579
Section
Articles

References

[1] Aly, A. (2016). Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
[2] Patta Bundu. (2020). Keterampilan Proses Sains. Jakarta: PT (Persero) penerbitan dan percetakan.
[3] KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). (2019). Jakarta: PT (Persero) penerbitan dan percetakan.
[4] Anwar. (2018). Buku Saku. Bandung : Alfabeta.
[5] Herlina, & Yuliani. (2015). Pengembangan Buku Saku Materi Pemanasan Global Untuk SMP. Journal of Biology Education, Universitas Negeri Semarang, 4 (1), 104-110.
[6] Juniati, E dan Widianti, T. (2015). Pengembangan Buku Saku Berbasis Mind Mapping dan Multiple Intelligences Materi Jamur di SMA Negeri 1 Slawi. Journal of Biology Education, Universitas Negeri Semarang, 4(1), 37-44.
[7] Sugiyono. (2020). Metode PenelitianKuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.
[8] Hidayati. (2016). Pengembangan Buku Saku Sebagai Media Pembelajaran di SD Negeri 101828 Medan. Jurnal Pendidikan, 3(1), 35-45.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.