Kelayakan Buku Saku IPA untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains di Sekolah Dasar
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan metode ADDIE, yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan Buku Saku IPA yang dikembangkan. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan tehnik deskriftif kualitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor dan kategori skala penilaian. Subjek pada penelitian ini adalah validator ahli, kemudian guru dan siswa kelas IV di SD Annysa Tanjung Gusta, dimana jumlah siswa kelas IV adalah 31 orang. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk yang memenuhi syarat kelayakan. Validasi yang dilakukan pada pertemuan pertama (P1) mencapai angka 58,82% yang artinya buku sakuĀ sudah dikatakan cukup valid dan cukup layak digunakan, tetapi masih ada revisi yang harus diperbaiki. Sehingga pada pertemuan yang kedua (P2) mencapai angka 87,05% yang artinya buku sakuĀ sudah dikatakan valid dan layak digunakan. Begitu juga dengan penilaian lembar angket respon siswa dengan skor rata-rata persentasi mencapai 77% dengan kategori valid atau layak digunakan untuk siswa kelas IV. Sehingga dari uji kelayakan Buku Saku dinyatakan media yang dikembangkan sudah layak digunakan oleh siswa kelas IV SD Annysa Tanjung Gusta untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa
Downloads
Article Details
References
[2] Patta Bundu. (2020). Keterampilan Proses Sains. Jakarta: PT (Persero) penerbitan dan percetakan.
[3] KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). (2019). Jakarta: PT (Persero) penerbitan dan percetakan.
[4] Anwar. (2018). Buku Saku. Bandung : Alfabeta.
[5] Herlina, & Yuliani. (2015). Pengembangan Buku Saku Materi Pemanasan Global Untuk SMP. Journal of Biology Education, Universitas Negeri Semarang, 4 (1), 104-110.
[6] Juniati, E dan Widianti, T. (2015). Pengembangan Buku Saku Berbasis Mind Mapping dan Multiple Intelligences Materi Jamur di SMA Negeri 1 Slawi. Journal of Biology Education, Universitas Negeri Semarang, 4(1), 37-44.
[7] Sugiyono. (2020). Metode PenelitianKuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.
[8] Hidayati. (2016). Pengembangan Buku Saku Sebagai Media Pembelajaran di SD Negeri 101828 Medan. Jurnal Pendidikan, 3(1), 35-45.