Peran Orang tua dalam Penanaman Karakter Tanggung Jawab Belajar pada Siswa SDN 36 Rantau Bayur

Main Article Content

Viona Viona
Kiki Aryaningrum
Puji Ayurachmawati

Abstract

Pendidikan karakter merupakan hasil dari sebuah proses pendidikan yang menanamkan sikap atau moral untuk berbuat dengan rasa tanggung jawab. Salah satu cara untuk penanaman pendidikan karakter adalah orangtua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran orangtua dalam penanaman karakter tanggung jawab belajar pada siswa di SDN 36 Rantau Bayur. Lokasi penelitian ini adalah di SDN 36 Rantau Bayur. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif.Objek dalam penelitian ini adalah SDN 36 Rantau Bayur. Sedangkan informan penelitian ini yaitu 10 orangtua dan 1 guru wali kelas V SDN 36 Rantau Bayur. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi dan wawancara.Teknik keabsahan penelitian ini menggunakan metode triangulasi.Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif tahap reduksi data, penyajian data danĀ  penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orangtua dalam penanaman karakter tanggung jawab siswa dalam belajarsebagai motivator sudah baik (95%), sebagai fasilitator sangat baik (81,6%), sebagai pendidik cukup baik (74,6%) dan sebagai pembimbing sangat baik (85,83) orangtua siswa SDN 36 Rantau Bayur sudah menanamkan karakter tanggung jawab melalui peran tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Viona, V., Aryaningrum, K., & Ayurachmawati, P. (2022). Peran Orang tua dalam Penanaman Karakter Tanggung Jawab Belajar pada Siswa SDN 36 Rantau Bayur. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 356-363. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.2591
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.