Efektivitas Strategi Omaggio Terhadap Kemampuan Menyimak Cerita Fabel Terintegrasi Media Youtube

Main Article Content

Muthmainnah Muthmainnah
Hasan Hasan
Andi Asrifan
Heriyanto Heriyanto
Elihami Elihami

Abstract

Sebagai pengajar guru bertugas menuangkan sejumlah bahan pelajaran ke dalam otak anak didik, sedangkan sebagai pendidik guru bertugas membimbing dan membina anak didik agar menjadi manusia susila yang cakap, aktif, kreatif, dan mandiri. Tugas yang berat dari seorang guru ini pada dasarnya hanya dapat dilaksanakan oleh guru yang memiliki kompetensi profesional yang tinggi. Untuk meningkatkan profesionalisme gurumaka perlu diadakan supervisi oleh kepala madrasah. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk menjadikanya sebuah penelitian sebagai tugas akhir dengan judul “Peran Kompetensi Supervisi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Etos Kerja Guru MI DDI 366 Bumiayu Desa Bumiayu, Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar. Penelitian ini dalam rumusan masalah akan dibahas mengenai pelaksanaan dan hasil supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan etos kerja guru di MI DDI Bumiayu.


 


Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian descriptive research. Lokasi penelitian ini adalah MI DDI Bumiayu. Pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi non partisipatif, wawancara terstruktur dan mendalam serta dokumentasi. Analisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan ketekunan pengamatan, triangulasi dan kecukupan referensi.


 


Berdasarkan proses pengumpulan dan analisis data, peneliti dapat menyimpulkan beberapa hal. Pertama, Pelaksanaan supervisi kepala sekolah di MI DDI Bumiayu melalui tiga tahap yaitu pada perencanaan supervisi, pelaksanaan supervisi dan evaluasi supervisi. Adapun pendekatan supervisi yang digunakan adalah pendekatan langsung dan tidak langsung namun pendekatannya lebih dekat dengan pendekatan supervisi manusiawi. Sedangkan teknik yang digunakan adalah dua teknik yaitu teknik individual yang meliputi kunjungan kelas, observasi kelas, pertemuan pribadi dan menilai sendiri, dan belum menerapkan kunjungan guru antar kelas Dan teknik kelompok meliputi rapat guru, diskusi, seminar, workshop dan organisasi jabatan.dan belum menerapkan tukar menukar pengalaman antar guru, diskusi panel, perpustakaan jabatan, dan simposium. Hasil supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah MI DDI Bumiayu adalah mampu meningkatkan etos kerja guru pada kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Muthmainnah, M., Hasan, H., Asrifan, A., Heriyanto, H., & Elihami, E. (2022). Efektivitas Strategi Omaggio Terhadap Kemampuan Menyimak Cerita Fabel Terintegrasi Media Youtube. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 863-874. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.2596
Section
Articles

References

Azis, Sulihin. "Peningkatan Kemampuan Menyimak Menggunaka Metode Berita Televisi pada Peserta Didik Kelas VIII Asmp Negeri 1 Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar." Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan 8.1 (2016): 82-93.
Hermawan, Herry. 2012, Menyimak Keterampilan Berkomunikasi yang Terabaikan. Yogyakarta. Graha Ilmu.
Iskandar wassid dan dadang sunendar. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa: Bandung Rosdakarya.
Isnani, Dedi. 2010. Pengertian Cerita Rakyat. Pengertian cerita rakyat 12 Mei 2017.
Muthmainnah, Muthmainnah. "Peningkatan Kemampuan Menulis Naskah Drama melalui Pembelajaran Berbasis Brain Based Learning Peserta Didik Kelas Ixf SMP Negeri 2 Campalagian." Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan 12.1 (2017): 63-74.
Muttalib, A., & Mardawati, M. (2019, November). Efektivitas Media Youtube pada Tayangan Reality Show dalam Menulis Karangan Narasi Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Malunda. In Journal Peqguruang: Conference Series (Vol. 1, No. 2, pp. 223-228).
Nurgiyantoro, 2013. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta:BPFE-Yoyakarta.
Nurgiyantoro, Burhan. 2011. Penilain Otentik Dalam Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: Gaja Mada University Press.
Omaggio, Alice. 2011. Teaching and Language In Context. U.S.A: Wendy Nelson.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tone, Kamaruddin. 2018. Panduan Penulisan Skripsi. Polewali Mandar :Universitas Al asyariah Mandar
Yunus, Nur Hafsah. "Peningkatan Kemampuan Menyimak Berita Dengan Menggunakan Metode Team Product." Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan 14.1 (2018): 74-84.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.