Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Berbasis Smart Card Pada Mata Kuliah Belajar dan Pembelajaran
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi, IKIP Gunungsitoli tahun akademik 2020/2021 melalui penerapan model pembelajaran problem solving berbasis smart card pada mata kuliah Belajar dan Pembelajaran. Penelitian yang dilakukan merupakan Penelitian Tindakan Kelas dan terdiri dari dua siklus. Setiap siklusnya terdapat empat tahap yaitu, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi serta refleksi. Subjek penelitiannya adalah mahasiswa semester gasal tahun akademik 2020/2021. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dan deskriptif. Data pada penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, kajian dokumen, angket dan pemberian tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis mahasiswa dengan kategori tinggi dan sangat tinggi sebesar 76,67% dan kategori sedang sebesar 23,33% pada siklus I, prestasi belajar mahasiswa aspek kognitif dengan ketuntasan mahasiswa sebesar 46,67% pada siklus I meningkat menjadi 80% pada siklus II, sedangkan ketercapaian prestasi belajar aspek afektif pada sebesar 100%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran problem solving berbasis smart card dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Belajar dan Pembelajaran