Implementasi Model Pembelajaran Predict Observe Explain Berbasis Drill and Practice Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Pada Mata Kuliah Pemindahan Tanah Mekanis

Main Article Content

Yelisman Zebua
Maria Magdalena Zagoto
Oskah Dakhi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, IKIP Gunungsitoli pada mata kuliah Pemindahan Tanah Mekanis dengan menerapkan model pembelajaran Predict Observe Explain yang dilengkapi dengan Lembar Kerja Mahasiswa berbasis Drill and Practice. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester III sebanyak 30 orang, Tahun Akademik 2019/2020. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Predict Observe Explain yang dilengkapi dengan Lembar Kerja Mahasiswa berbasis Drill and Practice dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Pemindahan Tanah Mekanis. Peningkatan keaktifan terlihat dari peningkatan dari 80% pada Siklus I dan 86,67% pada Siklus II. Prestasi belajar mahasiswa dapat di lihat dari aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilannya. Berdasarkan hasil tes pada Siklus I, pencapaian aspek sikap pada Siklus I adalah 83,33% dan meningkat menjadi 93,33% pada Siklus II. Ketercapaian aspek pengetahuan mahasiswa sebesar 46,67% dan meningkat menjadi 83,33% pada Siklus II. Pencapaian aspek keterampilan sebesar 83,33%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Predict Observe Explain dilengkapi dengan Lembar Kerja Mahasiswa berbasis Drill and Practice merupakan strategi pengajaran yang tepat dalam penyampaian materi pada mata kuliah Pemindahan Tanah Mekanis untuk memotivasi aktivitas mahasiswa dan meningkatkan prestasi belajar mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Zebua, Y., Zagoto, M., & Dakhi, O. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Predict Observe Explain Berbasis Drill and Practice Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Pada Mata Kuliah Pemindahan Tanah Mekanis. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 872-881. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.2659
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.