KETIDAKEFEKTIFAN RAGAM BAHASA JURNALISTIK MAJALAH MAKASSAR TERKINI

Main Article Content

Rahmat Rahmat

Abstract

Penelitian   ini   bertujuan   mendeskrifsikan   aspek-aspek   ketidakefektifan   ragam   bahasa jurnalistik pada majalah Makassar Terkini. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian ini adalah kalimat-kalimat dalam majalah Makassar Terkini yang terbit bulan Januari dan Februari 2017. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan teknik dokumentasi, teknik baca simak,  teknik  pencatatan.  Data  penelitian  dianalisis  dan  diperbaiki  dengan  menggunakan  teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa aspek-aspek ketidakefektifan ragam bahasa jurnalistik majalah Makassar Terkini adalah kesalahan struktur kalimat disebabkan oleh ketiadaan subjek dan predikat, ketiadaan subjek diakibatkan penggunaan konjungsi di awal kalimat majemuk koordinatif, penggunaan konjungsi yang tidak tepat pada kalimat majemuk subordinatif, serta ketiadaan predikat akibat kesalahan penempatan kata dan kesalahan ejaan terutama pada penggunaan tanda koma. Tanda koma digunakan tidak sesuai dengan ketentuan PUEBI seperti pemisahan antara subjek dengan predikat, tanda koma digunakan pada kalimat majemuk subordinatif yang didahului induk kalimat, tanda koma tidak digunakan pada frase aposisi, tanda koma tidak digunakan pada konjungsi antarkalimat. Hasil penelitian tersebut penulis menyarankan (1) sebaiknya wartawan majalah Makassar Terkini  memperhatikan  penggunaan  tanda  baca;  struktur  kalimat  terutama  pada  kejelasan  subjek dengan  predikat,  penempatan  konjungsi  yang  sesuai  dengan  posisinya;  (2)  sebaiknya,  wartawan majalah  Makassar  Terkini  memperhatikan  ciri  kalimat  jurnalistik  yang  efektif;  (3)  sebaiknya, wartawan majalah Makassar Terkini dalam menulis berita menggunakan kalimat yang tidak terlalu panjang (sesuai dengan ciri-ciri kalimat jurnalistik efektif); (4) sebaiknya, wartawan majalah Makassar Terkini memperhatikan Kamus Besar Bahasa Indonesia dan tata bahasa Indonesia agar berita yang dibuat dapat lebih efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rahmat, R. (2017). KETIDAKEFEKTIFAN RAGAM BAHASA JURNALISTIK MAJALAH MAKASSAR TERKINI. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 1(2), 71-80. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v1i2.27
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.