Pengelolaan Sampah Berbasis Zero Waste untuk Kelestarian SDA Lingkungan pada Siswa Bimbel Quantum Research

Main Article Content

Dewi Mutiarawati Suwarjo
Muhammad Zid
Ahman Sya

Abstract

Sampah merupakan sisa kegiatan manusia. Setiap kegiatan manusia dipastikan menghasilkan sampah. Pengelolaan sampah perlu ditangani dengan serius agar kelestarian sumber daya lingkungan dapat terjaga. Salah satu upaya yang dilakuakan adalah dengan pengelolaan sampah menggunakan pendekatan Zero Waste. Pengelolaan sampah ini adalah mengupayakan agar sampah yang dihasilkan dapat diolah menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat bagi masyarakat. Keberhasilan program ini dimulai dengan pemilahan sampah yang dilakukan masyarakat. Bimbingan belajar Quantum Research terletak di RW.03 Kayu Putih, Jakarta Timur yang merupakan wilayah percontohan pengelolaan sampah dengan pendekatan Zero Waste. Pemahaman warga bimbingan belajar Quantum research mengenai pemilahan sampah juga berperan dalam keberhasilan program ini. Hasil survei menunjukan bahwa siswa bimbel Quantum Research sudah memahami mengenai apa itu sampah dan kategori sampah. Untuk pemahaman sampah organik, siswa sudah memahami dengan baik. Namun, pemahaman siswa masih tergolong sedang pada pemilahan sampah anorganik bernilai ekonomis rendah dan tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Suwarjo, D., Zid, M., & Sya, A. (2022). Pengelolaan Sampah Berbasis Zero Waste untuk Kelestarian SDA Lingkungan pada Siswa Bimbel Quantum Research. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 78-82. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.2764
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.