Diagnosa Diskalkulia Generasi Alpha: Masalah dan Perkembangannya
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Banyak peserta didik yang tidak menyukai dengan mata pelajaran matematika karena menganggap pada pembelajaran matematika yang susah dan banyak menghitung. Hal ini menyebabkan rendahnya nilai mata pelajaran matematika, dikarenakan peserta didik kesulitan berhitung (diskalkulia). Diskalkulia merupakan jenis kesulitan belajar yang spesifik terkait kemampuan matematika pada peserta didik generasi alpha. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis diagnosa peserta didik diskalkulia di generasi alpha yang belum maksimal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data diperoleh dengan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan dalam pemahaman konsep dalam pemebelajaran peserta didik generasi alpha pada kemampuan matematika memiliki pengaruh dari faktor internal dan faktor eksternal.
Kata Kunci: Diagnosa, Diskalkulia, Generasi Alpha
Abstract
Many students do not like the subjects of mathematics as regards mathematics learning difficult and a lot of counting. This adversely affects the value of mathematics courses, because students' difficulties arithmetic (dyscalculia). Dyscalculia is a specific type of learning disability related mathematical skills in students alpha generation. The purpose of this research is to analyze the diagnosis dyscalculia students in alpha generation is not maximized. This study uses descriptive qualitative method. Data obtained by observation and interviews. The results showed that the difficulty in understanding the concepts in pemebelajaran alpha generation students in maths influence of internal factors and external factors.
Keywords: Diagnosis, Dyscalculia, Generation Alpha