Tafsir Tematik Manajemen Pendidikan Islam: Leadership dan Administrasi Pendidikan dalam Perfektif Al-Qur’an

Main Article Content

Zulfahmi, Asnil Aidah Ritonga, Azmar, Sri Rahayu Nasution, Mhd. Fuad Zaini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Tafsir Tematik Manajemen Pendidikan Islam : Leadership Dan Administrasi Pendidikan Dalam Perspektif Al-quran. Metode penelitian yang digunakan yaitu studi kepustakaan (library research). Dalam pengumpulan data digunakan metode tematik (maudu’iy), Adapun hasil Penelitian adalah Kepemimpinan Islam harus dilandasi ajaran Alquran dan Sunnah, yang acuan utamanya adalah meneladani Rasulullah saw, dan khulafaurrasyidin. Kepemimpinan yang di bangun oleh Rasulullah saw, berlandaskan pada dasar-dasar yang kokoh yang pada prinsipnya untuk menegakkan kalimah Allah Swt. Administrasi pendidikan perspektif ilmu pendidikan Islam memiliki peran yang penting dalam pengelolaan lembaga pendidikan di sekolah dan madrasah yang berlandaskan nilai keislaman yang bersumber kepada Alquran dan hadits beserta ditunjang oleh pendapat para pemikir pendidikan Islam. Perspektif Ilmu Pendidikan Islam adalah tanggung jawab yang Allah berikan kepada setiap manusia yaitu berupa jiwa kepemimpinan yang mampu mengantarkan kepada tujuan yang hendak dicapai. Manusia Allah ciptakan sebagai khalifah di muka bumi. Diantara tugas khalifah adalah memberdayakan seluruh potensi manusia dan sumber daya alam untuk kemakmuran dan kesejahteraan seluruh makhluk di muka bumi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Mhd. Fuad Zaini, Z. A. A. R. (2022). Tafsir Tematik Manajemen Pendidikan Islam: Leadership dan Administrasi Pendidikan dalam Perfektif Al-Qur’an. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 274-283. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.2780
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.