Pengaruh Ice Breaking Berbasis Media Poster terhadap Minat Belajar pada Siswa Kelas III SDN 187 Inpres Dengilau Kabupaten Takalar

Main Article Content

Nur Syam
Syamsunardi Syamsunardi

Abstract

Pengaruh ice breaking berbasis media poster terhadap minat belajar pada siswa kelas III SDN  187 Inpres Dengilau Kabupaten Takalar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh ice breaking berbasis media poster terhadap minat belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan true-eksperimen design jenis pretest-posttest kontrol group design. Dengan subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN  187 Inpres Dengilau Kabupaten Takalar sebanyak 40 orang siswa yang terdiri dari 20 orang kelas kontrol dan 20 orang kelas eksperimen pada tahun pelajaran 2021/2022 semester ganjil. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa pada kelas eksperimen di peroleh rata-rata pretest sebesar 70,81 dan posttest sebesar 80,76. Sedangkan pada kelas kontrol di peroleh rata-rata pretest 66,93 dan posttest sebesar 73,06. Jadi minat belajar siswa yang di ajarkan dengan model ice breaking berbasis media poster lebih baik dari pada minat belajar siswa yang di ajarkan dengan metode ceramah di kelas III SDN 187 Inpres Dengilau Kabupaten Takalar.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Syam, N., & Syamsunardi, S. (2021). Pengaruh Ice Breaking Berbasis Media Poster terhadap Minat Belajar pada Siswa Kelas III SDN 187 Inpres Dengilau Kabupaten Takalar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 890-897. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.2804
Section
Articles

References

[1] Adi Soenarno. 2005. Ice Breaker Permainan atraktif-Edukatif, Yogyakarta: Andi offset
[2] Anggraini Reni. 2018. Pengaruh Teknik Pembelajaran Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas III MI Masyariqul Anwar 4 Suka Bumi Bandar Lampung. Skipsi. FTIK Universitas Islam, Lampung
[3] Kamal Jam’an. 2016. Efektifitas Penggunaan Media Poster Dalam Peningkatan Minat Belajar Sisa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Ipa di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Tabedak. Skipsi. UIN Raden fatah Palembang.
[4] Marzatifa, dkk. 2021. Ice Breaking: Implementasi, Manfaat dan Kendalanya untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa. Jurnal ilmiah Pendidikan MI/SD 6 (2). 162-171.
[5] Muhammad Yaumi. 2018. Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamrdia Group.
[6] Pangaribuan, W. 2012. Metode Pendidikan Berkarakter oleh Ayah pada Anak untuk Keberhasilan Anak di Sekolah dan di Pekerjaan. Jurnal Pendidikan 5(1). 103-115
[7] Pratama, H., Maduretno, T. W., & Yusro, A. C. (2021). Online Learning Solution: Ice Breaking Application to Increase Student Motivation. Journal of Educational Science and Technology (EST), 7(1), 117–125. https://doi.org/10.26858/est.v7i1.19289
[8] Sugiono. 2017. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif , R&D, Alfabeta, Bandung
[9] Sunarto. (2012). Ice Breaker dalam Pembelajaran Aktif. Surakarta: Cakrawala Media.
[10] Suyarti, 2014. Pengaruh Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Kimia Siswa Kelas X Semester 2 di SMA Negeri 10 Yogyakarta. Skipsi. Yokyakarta : UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
[11] V. Wiratna Sujarweni. 2014. Metodologi Penelitian Lengkap,Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta : PT. Pustaka Baru

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.