Pengaruh Kompetensi Profesional dan Kompetensi Pedagogik Terhadap Pengelolaan Kelas Dimoderasi oleh Kepemimpinan Transformasional (Studi pada guru SMK Negeri se Kabupaten Kendal)
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kompetensi profesional, kompetensi pedagogik, dan kepemimpinan transformasioanl terhadap pengelolaan kelas serta kepemimpinan transformasional memoderasi pengaruh kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik terhadap pengelolaan kelas. Obyek penelitian adalah Guru SMK Negeri di Kabupaten Kendal. Data dianalisis menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kompetensi profesional tidak berpengaruh terhadap pengelolaan kelas, (2) Kompetensi pedagogik berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengelolaan kelas, (3) Kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan siginifikan terhadap pengelolaan kelas, (4) Kepemimpinan transformasional tidak memoderasi pengaruh kompetensi profesional terhadap pengelolaan kelas, (5) Kepemimpinan transformasional memoderasi negatif pengaruh kompetensi pedagogik terhadap pengelolaan kelas.