Pengaruh Kompetensi Profesional dan Kompetensi Pedagogik Terhadap Pengelolaan Kelas Dimoderasi oleh Kepemimpinan Transformasional (Studi pada guru SMK Negeri se Kabupaten Kendal)

Main Article Content

Antik Hariyanti
C. Sri Mindarti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kompetensi profesional, kompetensi pedagogik, dan kepemimpinan transformasioanl terhadap pengelolaan kelas serta kepemimpinan transformasional memoderasi pengaruh kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik terhadap pengelolaan kelas. Obyek penelitian adalah Guru SMK Negeri di Kabupaten Kendal. Data dianalisis menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kompetensi profesional tidak berpengaruh terhadap pengelolaan kelas, (2) Kompetensi pedagogik berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengelolaan kelas, (3) Kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan siginifikan terhadap pengelolaan kelas, (4) Kepemimpinan transformasional tidak memoderasi pengaruh kompetensi profesional terhadap pengelolaan kelas, (5) Kepemimpinan transformasional memoderasi negatif pengaruh kompetensi pedagogik terhadap pengelolaan kelas.


 


 


 


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hariyanti, A., & Mindarti, C. S. (2022). Pengaruh Kompetensi Profesional dan Kompetensi Pedagogik Terhadap Pengelolaan Kelas Dimoderasi oleh Kepemimpinan Transformasional. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1024-1034. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.2817
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.