Analisis Pengaruh PJBL dan PBL Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Aspek Fisik Pembelajaran Geografi

Main Article Content

Zaitun Mukaromah
Muhammad Zid
Ahman Sya

Abstract

Penulisan artikel ini adalah untuk mengutarakan mengenai pengaruh dari penerapan Project Based Learning (PjBL) dan Problem Based Learning (PBL) terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada aspek fisik dalam pembelajaran geografi ke SMA kelas X. Dimana PjBL dan PBL sejalan dengan kurikulum 2013 yang menerapkan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Aspek fisik geografi yang dipelajari oleh siswa di SMA kelas X ada litosfer, atmosfer dan hidrosfer. Studi literatur menjadi metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini dengan bersumber dari berbagai artikel melalui pencarian di internet dan didukung dengan buku-buku terkait. Penulisan ini memperoleh hasil bahwa PjBL dan PBL mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Jadi, PjBL dan PBL dapat diterapkan dalam pembelajaran aspek fisik dalam pembelajaran geografi di SMA kelas X. Oleh karena itu, guru sangat berperan dalam pelaksanaan PjBL dan PBL sebagai fasilitator belajar siswa.


Kata Kunci: PjBL, PBL, Hasil Belajar, Aspek Fisik

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Mukaromah, Z., Zid, M., & Sya, A. (2022). Analisis Pengaruh PJBL dan PBL Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Aspek Fisik Pembelajaran Geografi. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 64 -70. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.2857
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.