Korelasi Antara Sarana Pembelajaran dengan Minat Belajar IPS Peserta Didik Kelas VIII di UPT SMPN 1 Patampanua Kabupaten Pinrang
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat korelasi antara sarana pembelajaran dengan minat belajar IPS perta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian survey dengan metode kuntitatif. Untuk menentukan jumlah sampel peneliti menggunakan rumus Isaac dan Michael, dengan sampel sebanyak 117 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisi deskriptif, statistik Inferensial, uji instrument penelitian, dan uji hipotesis dengan menggunakan program SPSS 22 for windowas. Pada penelitian di ketahui bahwa terdapat korelasi yang positif antara sarana pembelajaran dengan minat belajar IPS peserta didik kelas VIII di UPT SMPN 1 Patampanua Kab. Pinrang. Hal ini di buktikan berdasarkan uji correlations menggunakan IMB SPSS 22 di ketahui nilai probabilitasnya sebesar 0.002 yang artinya 0.002 < 0.05 dan R sebesar 0.286. maka dapat di simpulkan H0 di tolak dan H1 di terima yang artinya terdapat korelasi yang positif antara sarana pembelajaran dengan minat belajar IPS peserta didik kelas VIII di UPT SMPN 1 Patampanua Kab. Pinrang.